[PRESS RELEASE] - DISKUSI KARIER “LANGKAH AWAL RANCANG BANGUN MASA DEPAN CIVILIAN GENERATION”

  • Admin
  • Rabu, 18 Mei 2022

Surakarta, 14 Mei 2022 - Bidang Akademis Prestasi Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Sebelas Maret telah melaksanakan Diskusi Karier dengan tema Langkah Awal Rancang Bangun Masa Depan Civil Generation. Pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 diskusi online yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh kurang lebih 130 peserta terdiri dari mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2019, 2020, dan 2021.

 

Diskusi Karier dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh Master of Ceremony Sania Dewati Kuncoro (Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2021) yang menjelaskan tentang runtutan timeline yang akan dilakukan di acara diskusi karier ini. Kemudian dilanjutkan oleh moderator Khalijah Herma Wytti (Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2020) yang memandu jalannya acara serta mengenalkan kedua pembicara diskusi karier pada seluruh audiens.

 

Pembicara pertama adalah Ibu Dewanti Anggit Setia Aji, S.T. Beliau adalah Drainage Engineer PT Arkonin Engineering MP. Bu Anggit merupakan alumni Teknik Sipil UNS angkatan 2014. Dalam materi yang dipaparkan, beliau menjelaskan tentang perjalanan kariernya mulai dari berkuliah hingga menjadi konsultan perencana dan memaparkan beberapa pilihan pekerjaan untuk lulusan teknik sipil.

 

Bapak Reyhan Suryaarbaika Prasetyo, S.T. Beliau adalah Site Engineer PT PP Proyek Tol Manado Bitung. Pak Reyhan juga merupakan alumni Teknik Sipil UNS angkatan 2014. Beliau menjelaskan tentang riwayat karier, alasan memilih pekerjaan, tahap-tahap rekrutmen dan tips and trick dalam mencari pekerjaan.

 

Berakhirnya pemaparan materi oleh kedua pembicara dilanjutkan sesi tanya jawab. Terlihat audiens aktif dalam bertanya seputar karier lulusan teknik sipil. Setelah sesi pertanyaan selesai dilanjutkan dengan kesimpulan pemaparan materi diskusi karier oleh moderator. Setelahnya terdapat sesi game yang bisa diikuti seluruh audiens yang masih berisi seputar materi oleh kedua pembicara tadi. Sesi terakhir adalah pemberian sertifikat kepada kedua pembicara yaitu Ibu Anggit dan Bapak Reyhan.

 

Berakhirnya penyerahan sertifikat, berakhir juga acara diskusi karier ini. Semoga dengan adanya diskusi karier yang diadakan Bidang Akademis Prestasi HMS UNS ini bisa memberikan wawasan baru tentang pemilihan karier lulusan teknik sipil dan membantu para mahasiswa menentukan pilihan pekerjaan nantinya.